Rabu, 22 Juni 2016

WISATA KOLOM SAPURAGA MANDAILING NATAL

WISATA KOLOM SAPURAGA,MANDAILING NATAL




Legenda Sampuraga berasal dari Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Legenda Sampuragabercerita tentang anak laki-laki yang durhaka pada ibunya dan karena itu ada sebuah tempat di Kabupaten Mandailing yang dikutuk menjadi sebuah kolam.

Warga sekitar menganggap bahwa semua yang ada di sekitar kolam tersebut adalah penjelmaan dari acara pernikahan Sampuraga yang terkena kutukan, karena malu dan pura-pura tidak mengenali ibunya saat ibunya datang ke acara pernikahannya.“Kolam Sampuraga” adalah nama yang diberi oleh masyarakat sekitar.



Cerita Legenda Sampuragayaitu durhakanya seorang anak laki-laki terhadap orang tua kandungnya karena tidak mengakui orang tuanya, hanya karena merasa malu melihat orang tuanya sudah tua dan miskin di depan istrinya. Hingga,orang tuanya merasa kesal dan murka. Lalu ibupun mengutuk anaknya.

Kebudayaan merantau ke negeri orang untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik dan bisa mengubah kehidupannya dengan orang tuanya, berpamitan dengan linangan air mata akan berpisahnya dengan orang tuanya dan berjanji kepada orang tua bahwa dia akan kembali saat dia kelak sukses.

Tetapi apa yang tejadi pada anak tersebut dia malah melupakan orang tuanya dan saat orang tuanya pun datang dengan sebuah perjuangan yang begitu luar biasa lantaran ia merindukan anak yang sangat ia sayangi dan ia cintai dia malah tidak mengakui ibunya dan dia malah  maki dan mengusir ibunya.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk kita kunjungi terutama anak perantau atau para mahasiswa agar kita dapat berpikir untuk apa kita pergi merantau dan pergi belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar